Komplek Pertanian Jl. Siaga No 25 Loji Bogor.

Laporan Kegiatan Qurban Berdaya 1

LAPORAN KEGIATAN

PENGHIMPUNAN DAN PENYALURAN HEWAN QURBAN

TAHUN 2023/1444 H

 KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH BAYTUL IKHTIAR

( KSPPS – BAIK ) 

 

 

    I. PENDAHULUAN

 

Bismillahirrahmanirrahim syukur alhamdulillah kami panjatkan kepada Allah SWT atas kehendaknya lah kegiatan penghimpunan dan penyaluran hewan qurban Tahun 2023 M./1444 Hijriah telah terlaksana sesuai dengan harapan.

Kegiatan pelaksanaan qurban ini berbeda  dari tahun-tahun sebelumnya yaitu dengan program penyediaan hewan qurban, program tersebut sudah kami siapkan dari tahun sebelumnya melalui pemeliharaan pembesaran hewan qurban, program tersbut kami buat sebagai tempat penyedia hewan qurban setiap tahunnya, dengan nama BMFARM.

BMFARM sendiri mempunyai program pembesaran dan pembibitan hewan qurban, salah satu tujuanya untuk menunjang kegiatan qurban yang kami adakan setiap tahunnya, sehingga ketersediaan hewan qurban insyallah melimpah dan bahkan BMFARM juga penyediakan penjualan hewan qurban ke pihak internal maupun eksternal bagi yang mau berqurban di Baytul Maal Ikhtiar atau pun berqurban di luar.

BMFARM tersbut di dirikian pada tahun 2022 akhir tepatnya diresmikan bulan Desember tahun 2022, dengan jumlah awal pemeliharaan 100 ekor secara bertahap , program BMFARM juga memiliki tujuan memberdayakan karyawan, anggota dan masyarakat untuk ikut terlibat dalam pemeliharaan hewan qurban dengan cara system maparo.

Setiap tahun BMFARM berqurban di seluruh layanan KSPPS Baytul Ikhtiar Khususnya Wilayah Jawa Barat , dan untuk kegiatan tahun ini BMFARM mengambil tema “Qurban Berdaya”, dengan nama Program “Qurban Bersama”, tahun ini jumlah hewan qurban sebanyak 45 Ekor Kambing yang kami sebar di 7 wilayah layanan KSPPS Baytul Ikhtiar yaitu di wilayah Pamijahan Bogor, Dramaga Bogor, Cipanas Cianjur, Pangatikan Garut, Sariwangi Tasik, Panumbangan Ciamis.

Setelah melalui tahapan kunjungan dan observasi lapangan untuk menentukan wilayah-wilayah dengan kondisi perekonomian yang memprihatinkan dan berada di pelosok-pelosok pedesaan yang setiap tahunnya belum tentu ada pelaksanaan pemotongan hewan qurban ditengah masyarakatnya. Harapannya dengan adanya kegiatan qurban ini dapat memberikan makna bagi mereka dalam membangun kepercayaan diri karena masih ada yang peduli terhadap kondisi mereka serta mampu menjadikan motivasi bagi mereka untuk lebih berikhtiar dalam menjalani kehidupan ditengah wabah saat ini dan dapat meningkatkan kepedulian antara satu sama lain.

Kegiatan qurban ini melibatkan steakholder atau para pihak terkait diantaranya karyawan, anggota, mitra kerja (lembaga atau perorangan) sebagai Muqorib (pequrban). Sedangkan  teknis pelaksanaan melibatkan staf, supervisor KSPPS BAIK, anggota, Ketua RT/RW dan Tokoh Masyarakat seperti Ustadz, Kyai, dan masyarakat lainnya agar bisa dirasakan secara langsung nilai-nilai kebersamaan, kekeluargaan, kepeduliaan antara masyarakat dan KSPPS Baytul Ikhtiar. Kegiatan ini juga merupakan bagian pendidikan, penguatan dan suport langsung kepada anggota dan masyarakat.

Kegiatan penghimpunan dan penyaluran hewan qurban ini dilaksanakan selama 3 hari mulai hari Kamis – Sabtu tanggal 29 Juni 2023 sampai 01 Juli 2023 (10 – 12 Dzulhijjah 1444H).

 

      II. TUJUAN

  1. Kegiatan ini menjadi sarana syiar dakwah kepada umat terutama para pihak yang telah ikut berkontribusi sebagai mudhohi serta orang yang berpotensi untuk membantu pada kegiatan KSPPS Baytul Ikhtiar ke depan.
  2. Membantu menyalurkan paket daging dan hewan qurban kepada yang berhak dan lebih dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Memberikan latihan pengorganisasian, memupuk nilai-nilai kebersamaan, kepekaan sosial dan kepercayaan kepada masyarakat untuk saling memperhatikan komunitasnya di wilayah mereka sendiri.
  4. Kegiatan ini juga menjadi bagian penguatan jejaring dengan para pihak steakholder dan menjelaskan posisi KSPPS BAIK di masyarakat

 

  1. OUTPUT
  1. Adanya dukungan sosialisasi dan pengenalan KSPPS BAIK pada masyarakat.
  2. Mempererat tali silaturahmi ditengah masyarakat sehingga terjalin kebersamaan dalam menyelenggarakan sebuah kegiatan terutama dengan para tokoh masyarakat.
  3. Pengenalan Program KSPPS Baytul Ikhtiar kepada masyarakat luas, sebagai bagian dari kerjasama antar lembaga serta para pihak yang peduli.

 

       III. SUMBER HEWAN QURBAN

Kegiatan Pemotongan dan Penyaluran hewan qurban tahun ini diperoleh hewan qurban berjumlah  45 ekor kambing, berikut nama-nama Muqorib pada tabel dibawah :

Daftar Mudhodi dan jumlah hewan qurban

No.

Nama Lembaga / Perorangan

Jumlah Hewan Qurban

1.

Karyawan KSPPS Baytul Ikhtiar

39

2.

PT. BPRS Amanah Ummah

1

3.

PT. BPRS Bina Rahmah (Bank Botani)

1

4.

Ibu Titin Prasetyawati

2

5.

Bpk Ahmad Choliq Hafidz

1

6.

Bank Syariah Indonesia KCP Sudirman

1

J U M L A H

45