Komplek Pertanian Jl. Siaga No 25 Loji Bogor.

Ramadhan Berbagi Dengan Korban Bencana Gempa Bumi Cianjur

Alhamdulillahilladzii binni’matihii tatimmus sholihat, segala puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga setiap kebaikan menjadi sempurna, shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad Saw, kepada keluarga dan para sahabat beliau serta kepada orang-orang yang senantiasa meneladani mereka hingga  akhir zaman.

Setiap tahun pada bulan Ramadhan Unit Baytul Maal KSPPS Baytul Ikhtiar mengadakan santunan kepada Yatim, Jompo, Marbot dan Guru ngaji. Sejak tahun 2018 sampai tahun 2022 sudah  4,199 orang menerima santunan dengan total  penyaluran sebesar Rp.936,169,100,- (sembilan ratus tiga puluh enam juta seratus enam puluh sembilan ribu seratus rupiah).

Bulan Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri dibanding bulan-bulan yang lain, bulan Ramadhan merupakan kesempatan besar sekaligus menjadi acuan bagi seluruh umat muslim untuk kembali meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam beribadah.

Dalam sebuah hadits qudsi  dikatakan :

“ Barang siapa yang melakukan kebaikan (ibadah sunah) dibulan itu pahalanya seperti melakukan ibadah wajib dibanding bulan yang lainnya. Dan barang siapa yang melakukan kewajiban didalamnya, maka pahalanya seperti melakukan 70 kewajiban dibanding bulan lainnya...” (HR. Ibnu Huzaimah).

Semangat umat muslim menggema dan saling berlomba-lomba dalam kebaikan mulai dari awal hingga akhir ramadhan baik berupa ibadah-ibadah yang sifatnya mahdah (hablum minallah) ataupun muamalah (hablum minannas).

Berbeda dengan bulan Ramadhan sebelumnya, pada bulan Ramadhan tahun ini Unit Baytul Maal KSPPS Baytul Ikhtiar akan mengadakan kegiatan santunan bagi para korban bencana gempa bumi Cianjur dengan tema “RAMADHAN BERBAGI DENGAN KORBAN BENCANA GEMPA BUMI CIANJUR”. Kegiatan ini akan dilaksanakan di 5 titik pengungsian korban gempa bumi Cianjur.

Dengan kegiatan dan cara sederhana ini Insya Allah dapat menjadi wasilah datangnya kebahagiaan bagi mereka, besar kecil pemberian bagi sebagian lain mungkin menjadi ukuran, tapi Baytul Maal Ikhtiar tetap konsisten tanpa ragu membuat konsep agar harta yang terkumpul sebagian bisa tersalurkan kepada yang lebih membutuhkan terutama para korban bencana gempa bumi Cianjur.

Unit Baytul Maal KSPPS Baytul Ikhtiar sebelumnya pada bulan Desember 2022 telah menyalurkan dana sebesar Rp. 86.191.759,- (delapan puluh enam juta seratus sembilan puluh satu ribu rupiah) untuk korban gempa wilayah Cianjur.

Penyaluran dilakukan secara bertahap di 3 wilayah layanan KSPPS Baytul Ikhtiar yaitu Kecamatan Cugenang, Warung Kondang dan Cipanas dengan jumlah penerima sebanyak 358 orang. Bantuan yang diberikan berupa bahan makanan pokok, terpal, obat-obatan, popok bayi dan kebutuhan lainnya.

Pada bulan suci Ramadhan 1444 H yang akan datang, kami mengajak kepada Bapak/Ibu sekalian untuk ikut serta dalam kegiatan “RAMADHAN BERBAGI DENGAN KORBAN BENCANA GEMPA BUMI CIANJUR” tersebut, untuk menambah amal kebaikan, keberkahan dan kekhusuan ibadah kita semua.

Proses  penyaluran bantuan / santunan akan di lakukan di 5 titik pengungsian yang sebelumnya sudah dilakukan survei dan verifikasi. Penyaluran bantuan melibatkan warga untuk memastikan dan memudahkan bantuan tersebut sampai kepada yang berhak. Wilayah sasaran penyaluran bantuan yaitu  di Desa Cisarua, Desa Sarampad, Desa Sukaluyu, Desa Cibeureum dan Desa Gekbrong yang di nilai sukup besar terkena dampaknya. Rencana Jumlah Penerima manfaat sebanyak 2.000 orang 

DASAR PEMIKIRAN

Dasar Pemikiran Pelaksanaan Kegiatan ini adalah :

1. Dalam rangka menyambut dan menyemarakan bulan suci Ramadhan 1444 H. 2023 M.

2. Dalam rangka melaksanakan  Program kerja unit Baytul Maal Ikhtiar tahun 2023

3. Tekad yang kuat menjadi semangat utama membahagiakan sebagian para mustahik yang terkena musibah bencana gemnpa bumi wilayah cianjur.

4. Menumbuhkan kesadaran sosial antara para aghnia.

Memuliakan bulan agung dengan berbagi kepada sesama sesuai dengan beberapa Firman Allah SWT didalam Alqur’an :

اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَاَنْفِقُوْا مِمَّا جَعَلَكُمْ مُّسْتَخْلَفِيْنَ فِيْهِۗ فَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ وَاَنْفَقُوْا لَهُمْ اَجْرٌ كَبِيْرٌ

"Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan infakkanlah sebahagian dari hartamu yang Allah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menginfakkan (sebahagian) dari hartanya memperolehi pahala yang besar". (Al-Hadid (57) : 7)